Mempelajari Kutub dengan Menggunakan Media Visual (Gambar)

Suatu hari, di sebuah kelas yang tenang, seorang guru sedang memberikan materi pembelajaran Geografi mengenai klasifikasi iklim di Bumi. Dengan hanya menggunakan metode ceramah sambil menjelaskan sesuai buku teks, kebanyakan siswa kurang  memahami bahkan ada yang sama sekali tidak mengerti bagaimana gambaran daerah-daerah di Bumi yang belum pernah mereka temui / lihat dan rasakan secara langsung. Siswa akan mengantuk dan bosan, karena sang guru mengajar layaknya mendongeng.

SEHARUSNYA, seorang guru yang baik tidak hanya menggunakan metode ceramah saja! Guru yang baik akan selalu berinovasi dan kreatif. Nah, guru kreatif akan menggunakan berbagai media untuk memperlancar dan mempermudah penyampaian isi materi kepada siswa. Sebagai contoh, saat menjelaskan keadaan di Kutub Utara, guru dapat menggunakan media visual atau media dua dimensi. Guru menggunakan foto atau gambar Kutub Utara yang diperlihatkan (ditempel di depan kelas) kepada siswanya, lalu menjelaskan / mendeskripsikan gambar tersebut.

Beberapa contoh gambar tersebut adalah sebagai berikut : 

 

Dengan menggunakan media gambar, siswa minimal mengetahui gambaran pasti dan keadaan Kutub (karena mereka hanya tahu bahwa Kutub itu dingin).

 

 

Naahh… Setelah diperlihatkan gambar tersebut, siswa pasti akan berimajinasi luas. Mereka berpikir kritis mengenai luas wilayah Kutub, suhu dan cuaca di Kutub, hewan atau tumbuhan apa saja yang mampu hidup di dekat kutub, dst. Ya kan??

Kesimpulannya, Penggunaan media sangaaaat penting dalam proses belajar mengajar di sekolah.. ^__________^

One thought on “Mempelajari Kutub dengan Menggunakan Media Visual (Gambar)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s