Media sebagai Penyampaian Pesan dalam Pembelajaran

Dalam pembelajaran, seorang guru memerlukan media agar proses belajar dan mengajar adpat berjalan dengan baik, walaupun tidak semua mata pelajaran memerlukan media hanya beberapa saja. Dalam hal ini  guru mengetahui peran dari media itu sendiri ialah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyampaikan dan menyalurkan pesan pembelajaran secarea terencana sehingga proses pembelajaran dapat berjalan dengan efektif dan efisien. Yang perlu digarisbwahi ialah efektif dan efisien, jadi maksudnya ialah media digunakan dalam pembelajarn untuk menghemat waktu yang ada, jadi guru dapat mengurangi berverbalisme dalam proses belajar mengajar.             

Media yang diberikan bisa berupa media yang sederhana dan modern sekalipun, inipun tergantung situasi dan kondisi dimana proses belajar mengajar tersebut berlangsung seperti contonhya saja, media sederhana yang disajikan g uru didalam ruang kelas, media yang dapat diberikan ialah, media visual:gambat, diagram, tabel, foto-foto, media obyek penganti: replika, miniatur, atau model, dan media lingkungan;sungai, laut, danau, udara, dan air. Tentu saja media yang diberikan haruslah media yang berkaitan dengan materi yang diberikan. Dalam penggunaan media sederhana ini diperlukan kreatifitas dari guru itu sendiri, agar media yang diberikan dapat menarik pehatian murid sehingga dapat menumbuhkan motofasi untuk belajar.

Dari media sederhana kita beralih ke media modern. Perkembangan   teknologi dan informasi saat ini yang sangat pesat menuntut guru untuk dapat menguasainya, karena guru abad 21 dituntut untuk dapat menguasai teknologi dan informasi yang sedang berkembang. Perkembangan teknologi dan informasi saat ini memudahkan banyak kalangan dalam berbagai hal tentunya, tidak terkecuali guru sebagai pendidik. Guru dapat menggunkan teknologi yang ada sebagai media yang dapat disajikan kepada siswa dalam proses pembelajarn, seperti penggunaan beberapa program yang ada dalam Microsoft Oficce, mulai dari Ms. Word, Ms. Power Point, Ms. Corel Draw daan banyak lagi lainnya. Misalnya saja, guru memberikan materi yang berkenaan dengan fenomena gunung meletus, dan disajikan dalam bentuk media modern dengan menggunakan Ms. Power point, yang disertai dengan gambar dan tulisan yang telah di modifikasi sedemikian rupa sehingga menarik perhatian siswa dan dapat menimbulkan motifasi dalam belajar. Perkembangan teknologi informasi ini juga memudahkan guru untuk mendapatkan berbagai bahan pembelajarn baik dari internet, media massa dan hiburan tentunya.

Pemberian media pun harus hati-hati, media yang diberikan haruslah yang berkaitan dengan materi yang diberikan jadi tifdak menimbulkan kebinggungan pada siswa dan diberikan dengan melihat kondisi dan situasi dimana proses belajar mengajar itu dilangsungkan. Karena tidak semua sekolah dapat meyediakan media yang kita butuhkan dalam proses belajar mengajar.

 Banyak yang mengatakan bahwa, guru yang baik ialah guru yang bias menguasai dan menggunakan TIK dengan baik. Akan tetapi menurut saya guru yang baik ialah guru yang jika ditempatkan dimanapun, pada kondisi dan situasi apapun dapat menggunakan dan  media kepada siswanya.  Jadi pemberian media tidak terbatas pada perkembangan teknologi saja, melainkan diperlukannya guru yang dapat menguasai situasi dan kondisi dalam proses belajar mengajar.        

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s