Pemanfaatan Media Objek 3 Dimensi pada Pembelajaran Geografi

Pentingnya pemanfaatan media ini berawal dari sebuah ilustrasi. Pada suatu hari seorang Guru dari satu sekolah menerangkan materi tentang litosfer dan batuan. Pada saat awal masuk ke kelas semua siswa terlihat semangat dan tertarik mendengarkan isi dari penyampaian materi yang diberikan oleh guru. Akan tetapi setelah 15 menit kemudian, materi tetap berjalan seperti tadi. Akan tetapi raut wajah siswa yang penuh semangat tadi, berubah menjadi muka yang penuh kejenuhan. Para siswa pun perhatiannya tidak tertuju lagi pada materi, akan tetapi pikiran mereka semua terfokus oleh “ kapan pelajaran geografi ini berakhir…..??????”. oleh karena itu kelas menjadi ribut, ada yang bermain – main dengan temannya, ada siswa yang saling ngobrol tentang hal yang tidak diperlukan, ada yang tertawa cekikikan, dan adapula siswa yang mengupdate status dengan isi ‘BETE NEH di KElas’, adapula siswa yang menanyakan “jam berapa sekarang..??kapan pelajarannya usai..?” pada siswa lain yang memiliki jam tangan. Otomatis seluruh suasana kelas menjadi gaduh. Guru yang tadinya menerangkan pelajaran menjadi terhenti dan menegur siswanya. Siswa itupun berhenti berbicara hanya beberapa menit, menit selanjutnya suara gaduh dan ribut mulai terdengar lagi. Guru yang tadinya menjelaskan materi berhenti menjelaskan materi, lalu mendadak memberikan evaluasi materi pelajaran yang telah diberikannya kepada siswa. Akhirnya, terlihat hasil evaluasi siswa tentang pelajaran yang tadi diterangkan. Hampir 90 % siswa tidak bisa menjawab semua pertanyaan yang diberikan oleh guru tersebut. Akhirnya Guru tersebut marah dan mencap siswa di kelas tersebut semuanya bodoh dan nakal.

Membosankan, satu kata yang bisa dikatakan pada ilustrasi ini. Hal ini tidak bisa sepenuhnya disalahkan dari siswa, karena semua mata pelajaran khususnya pelajaran geografi menuntut keterampilan guru untuk meramu materi menjadi sesuatu yang menarik dimata siswa – siswanya. Agar lebih bermakna dan tujuan penyampaian isi materi ini tepat pada siswa, tidak ada kesalahan dan siswa mudah mengingat dan memahami isi materi pelajaran tersebut. Untuk itu guru harus memerlukan strategi dengan salah satunya mempersiapkan media untuk pembelajaran geografi di kelas.

Salah satu contoh yang bisa kita ambil dari ilustrasi itu adalah media pembelajaran geografi tentang sub bagian littosfer dan batuan. Mata pelajaran geografi kebanyakan menuntut guru untuk terampil dalam menggunakan media dan menghadirkan media tersebut ke dalam kelas. Andaikan guru tersebut menghadirkan contoh objek 3 dimensi tentang litosfer dan batuan tentu saja setidaknya membuat siswa itu tertarik dan menambah rasa penasarannya terhadap materi penyampaian tersebut. Berbagai cara dapat dilakukan guru dalam proses penyampaian materi pelajaran, seperti menerangkan materi diselingi dengan menyuguhkan media yang disampaikan.

Cara lain yang bisa ditempuh oleh guru adalah menjelaskan materi disertai dengan memberikan contoh media kemudian untuk evaluasi guru bisa memberikan pertanyaan untuk diberikan kepada kelompok maupun individu untuk mencocokan pertanyaan guru dengan media yang ada serta menjabarkan cirri – cirri yang dilihat siswa dari media objek 3 dimansi tersebut.

Bagi siswa penggunaan media ini memberikan dampak yang positif misalnya mata pelajaran menjadi tidak monoton tidak hanya pada ceramah tetapi juga diselingi oleh interaksi antara guru dan siswa dalam pemanfaatan media. Sehingga siswa menjadi menyenangi pelajaran tersebut dan siswa menantikan pelajaran geografi di setiap minggunya karena rasa penasaran yang diberikan siswa tentang apa selanjutnya media yang akan dihadirkan oleh guru. Dari guru media bisa digunakan untuk mempersingkat waktu dengan memberikan replica objek batuan siswa dapat diberikan tugas berkelompok untuk mengidentifikasi ciri batuan yang ada. Kemudian menggabungkan hasil kelompok satu dengan kelompok lainnya dan kemudian mencatatat hasil akhirnya.

berikut contoh jenis batuan :


Contoh lain dalam pemanfaatan media geografi adalah guru memberikan contoh gambar dari batuan dan lapisan tanah, kemudian secara berkelompok guru memberikan tugas untuk mencari contoh nyata dari tanah dan batuan tersebut sebagai contoh media nyata yang akan ditampilkan di minggu depan. Engan adanya tugas yang penuh tantangan ini, siswa secara berkelompok terdorong untuk mencari tanah tersebut seuai dengan waktu yang di tentukan serta contoh gambaran dan cirri fisik dari batuan tersebut. Pada minggu berikutnya siswa membawa contohnya masing – masing dan secara bergiliran mempresentasikan hasil temuan mereka di depan kelas. Kelompok lainnya bisa menannyakan dari daerah mana mereka mendapatkannya maupun bertanya mengenai materi yang telah dijelaskan oleh guru. Guru disini sebagai mediator  dalam kegiatan diskusi dengan oenggunaan media ini.

Khusus bagi di Indonesia, banyak anak yang tidak menyenangi mata pelajaran geografi. Hal ini dikarenakan beberapa factor diantaranya banyak diantara mereka yang menyebutkan bahwa geografi penuh hapalan dan membosankan. Di Indonesia kebanyakan mata pelajaran geografi diletakkan pada jam – jam terakhir pelajaran hal ini mneyebabkan pembelajaran menjadi tidak optimal karena pada umumnya pada jam terakhir ini otak sudah tidak bisa menangkap sevcara baik materi yang disebabkan oleh kelelahan. Tantangan guruyaitu guru dituntut ekstra lebih untuk bisa memanfaatkan media, strategi dan metode untuk membentuk suatu system pembelajaran yang optimal bagi anak didik. Ini merupakan tantangan yang diberikan kepada guru untuk bisa membuat peserta didik menyenangi mata pelajaran yang membahas tentang gejala geosfer tersebut. Ada pepatah yang mengatakan “ kudengar aku lupa, kulihat aku ingat dan kulakukan aku bisa” maka dari itu penggunaan media pembelajaran geografi sangat penting untuk pembelajaran geografi di sekolah.


One thought on “Pemanfaatan Media Objek 3 Dimensi pada Pembelajaran Geografi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s