EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI

         Secara umum, penggunaan media pembelajaran yang belum maksimal dalam mendukung pelaksanaan pembelajaran geografi. Materi pelajaran geografi yang disampaikan dengan menggunakan media pembelajaran itu lebih efektif daripada pembelajaran tanpa menggunakan media pembelajaran geografi. Dengan media pembelajaran geografi yang ada di sekolah, diharapkan peserta didik lebih tertarik untuk mempelajari pokok bahasan kondisi fisik wilayah dan penduduk sehingga dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik serta pengalaman belajar peserta didik diharapkan bisa bertambah. 

Permasalahannya ialah mengenai : (1) Sejauh mana efektivitas penggunaan media pembelajaran geografi pada pokok bahasan kondisi fisik wilayah dan penduduk? (2) Adakah perbedaan secara signifikan hasil belajar geografi peserta didik dengan menggunakan media pembelajaran dan tanpa menggunakan media pembelajaran? Tujuannya ialah : (1) Untuk mengetahui efektivitas penggunaan media pembelajaran pada pokok bahasan kondisi fisik wilayah dan penduduk, (2) Untuk mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan media pembelajaran dengan peserta didik tanpa menggunakan media pembelajaran.

Pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran lebih baik karena membantu peserta didik memahami materi dengan gambaran yang nyata bukan konsep atau tulisan-tulisan saja. Karena apa yang kita lihat biasanya lebih mudah untuk kita cerna dan pahami secara cepat sehingga peserta didik memperoleh pengalaman yang konkret, proses pembelajarannya juga akan menyenangkan. Pembelajaran tanpa menggunakan media pembelajaran kurang efektif karena guru hanya ceramah saja sehingga terkadang banyak peserta didik yang malas untuk mengikuti pelajaran. Pelajaran yang diajarkan guru menjadi monoton. Jadi dapat disimpulakan bahwa (1) Dalam proses belajar mengajar penggunaan media pembelajaran pada pokok bahasan kondisi fisik wilayah dan penduduk ternyata memberikan hasil belajar lebih baik kepada peserta didik dibandingkan dengan tanpa menggunakan media pembelajaran, (2) Ada perbedaan hasil belajar geografi yang signifikan antara pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran dengan tanpa menggunakan media pembelajaran.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s